About

Selasa, 15 November 2011

KELEBIHAN YANG ALLAH SWT BERIKAN PADA MANUSIA


     Manusia di ciptakan sebaik-baik bentuk (Qs. At-Tin 95:1-4)
          Manusia adalah mahluk sebaik-baik bentuk ciptaan Allah Swt..Manusia diawali penciptaan Adam dan Hawa, selanjutnya berkembang biak melalui proses perkawinan.(Qs.An-Nisa 4 :1). Betapa besar nikmat yang diberikan Allah Swt. untuk manusia, namun  manusia sering lupa bersyukur akan nikmat-nikmat-Nya. mengapa kita semua manusia diseluruh dunia ini dikatakan sebaik-bentuk ?. tentunya kita sadar bahwa  tubuh dan fisik manusia sangatlah kompleks tanpa cacat sedikitpun, mata untuk melihat diciptakan sepasang, satu mulut berfungsi berbicara, sepasang telinga untuk mendengar, dua lubang hidung untuk mencium, satu lidah untuk mencicipi rasa, dua kaki, dua tangan, serta
organ-organ tubuh yang lain yang semuanya bekerja berdasarkan fungsi masing-masing walaupun sekecilpun organ. subahanallah! Maha Suci Allah, namun skali lagi kita tak pandai bersykur akan nikmat itu!. 
     Arus Globalisasi
       Fenomona sekarang kita sering terbawa arus yang melalaiakan sebagai akibat dampat globalisasi. Masuknya paham-paham serta budaya-budaya bukan umat muslim yang justru menjadi konsumsi masyarakat kita.  Kita lihat sekarang berapa banyak orang melaksanakan perintah-Nya untuk melaksanakan shalat berjamaah di masjid jika kita bandingkan berapa banyak masyarakat kita yang berkeluyuran pusat pebelanjaan. Nikmat yang Allah Swt berikan pada manusia sepatutnya disykuri, melalui ibadah-ibadah yang telah diperintahkan-Nya.


Manusia Memiliki Akal
  Dengan akal manusia mampu berfikir membuahkan gagasan-gagasan,Imajinasi,Inspirasi, ide-ide kreatif,yang  tumbuh menjadi sebuah inovatif. Memang selayaknya manusia terus berupaya mengoptimalkan akal pikirannya untuk dapat memahami serta membuat sesuatu yang bermanfaat untuk dirinya sendiri dan sekitarnya. Kita lihat sekarang walaupun manusia tidak bisa seperti burung yang mampu terbang melayang diudara,benarkah manusia tidak mampu seperti burung?. Memang secara fisik manusia tidak memiliki sayap untuk terbang ke udara. Namun manusia dengan akal pikirannya mampu melayang dan terbang lebih lama dari burung bahkan mampu menembus langit hingga sampai keluar angkasa. Subanallah..! Allah Swt. sebaik-baik pencipta menganugerahkan manusia berupa akal yang mampu berpikir membuat sebuah alat yang kita kenal sekarang pesawat terbang, jet,Baju Layang.
      Akan tetapi tak sedikit manusia terjermus dengan akalnya sendiri.sehingga meraka sesat. "Barangsiapa bersandar pada harta, ia akan miskin. Barangsiapa bersandar pada harga diri, ia akan hina. Barangsiapa bersandar pada akalnya, ia akan tersesat. Namun barangsiapa bersandar pada Allah, sesungguhnya ia tak pernah miskin, hina dan sesat."(Ali bin Abi Thalib RA). Negara-negara maju skarang berlomba-lomba memamerkan kecanggihan teknologinya terutama pada alat-alat persenjataan. Dan  dampak hal ini banyak manuisa yang terbunuh, peperangan yang tak surut, mereka menakut-nakuti pada Negara-negara yang hendak mereka kuasai. tak sedikit pula manusia dibuatnya pusing, depresi akibat buatan alatnya sendiri. Semuanya jika kita hanya bersandar pada akal maka sesuai dengan hadist dia atas maka akan tersesat. Allah Swt sabik-baik pencipta sungguh luar biasa menciptakan seekor lalat. Pernahkah kita lihat atau kita dengar alat teknologi yang mampu menciptakan seekor yang serupa dengan lalat,. Subahanallah..! semua yang dibuat oleh manusia tak ada apa-apanya disisi Allah Swt dengan ketinggian Ilmunya. Manusia hendaknya bersyukur dan kembali pada fitrahnya sebagai manusia.
   Manusia memiliki hati nurani
        Allah Swt memeberikan hidayah kepada manusia melalui hati. Iman tumbuh dan bersemayam di dalam hati. Tapi di hati ini juga akan tumbuh kekafiran dn kesesatan. Begitu besar peran hati yang merupakan titipan Allah Swt, kepada manusia sehingga terdapat di dalam firman-firmannya mengenai hati manusia antara lain Qs. Al Fath, 48:4,Qs.Asy Syams, 91:7-10, Qs. Al Ahzab, 33:5. Dalam karya nya abu sangkan menuliskan mengenai hati yaitu Makna dasar kata qalb ialah membalik, kembali, pergi maju, berubah, naik turun. Diambil dari latar belakangnya, hati mempunyai sifat yang berubah, sebab hati adalah tempatnya kebaikan dan kejahatan, kebenaran dan kesalaha.disamping itu hati merupakan dasar/sumber ketenangan bagi manusia dan sebaliknya tempat kegelisahannya manusia.
      Orang Tua memiliki rasa kasih sayang kepada anaknya,sanak kerabat serta lingkungan karna hati yang diilhami oleh Allah Swt berupa nikmat kasih sayang. Dengan hati yang lembut yang di ilhami Allh Swt.iman, maka rasa syukur manusia akan terwujud dengan sendirinya. Dengan demikian iman atau kafir, baik atau jahatnya manusia hal ini bermuara dari hati nuraninya. Oleh karena itu kita hendaknya bersykur akan nikmat hati yang di Ilhami Allah Swt keimanan,kebaikan serta ketenangan, yang hati inilah merupakan karunia Allah Swt, berikan kepada mahluk ciptaannya manusia, sehingga setiap manusia memiliki kasih sayang, dan merasakan ketenangan.

 Manusia Mahluk sepiritual
Wahai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu,agarkamubertakwa.QS. al-Baqarah (2) : 21
      Ketika laut bergemuruh, ombak menggunung, dan angin bertiup  kencang, semua penumpang kapal akan panic dan menyeru: ya Allah!
Ketika seseorang tersesat di tengah gurun pasir, kendaraan menyimpang jauh dari jalurnya, dan para kafilah bingung menentukan arah perjalanannya, mereka akan menyeruh. ya Alla!. Ketika bumi terasa menyempit dikarenakan himpitan persoalan hidup, dan jiwa serasa tertekan sama dengan oleh beban berat kehidupan yang harus Anda pikul, menyerulah: “ya Allah!” (dr aid al-qarni :2008)
Apakah kamu tahu ada  seseorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah) ? (Qs. Maryam:65). 
      Jeritan hati manusia tak lepas dari mengakui bahwa sesungguhnya manusia itu lemah dan tak ada daya dalam mengarungi kehidupan, dan kembali mereka berserah diri kepada Allah Swt. persoalan hidup yang datang dari arah dan waktu yang tak terduga, keluarlah fitrah manusia yang ingin keluar dari persoalan yang begitu menyulitkan manusia. Ingat ketika fir’aun dilanda musibah dinegerinya dan meminta kepada nabi Musa  untuk berdo’a kepada Allah Swt. untuk menghilangkan musibah yang melanda negeri mereka. sebagai imbalan fir’aun akan melepaskan kaum bani Isra’il dan mengakui tuhannya nabi Musa. Hal ini berarti manusia memang tak ada daya untuk mengatakan bahwa dirinya adalah Tuhan. Dan ternyata ketika musibah itu hilang  fir’aun serta pengikutnya tetap mengingkarinya. Dan akhirnya fir’aun serta pasukan bala tentaranya mati tenggelam saat mereka menyebrang laut merah untk membunuh nabi Musa. dan akhirnya fir’aun mati yang ketika dalam keaadan sakaratul maut ia baru mengakui Allah Swt yang patut disembah, namun Allah Swt tidak menerima lagi tobat nya  akibat kedurhakaan yang dilakukan sebelumnya. Ketenangan dan kebahagiaan hanya miliki Allah Swt. yang hanya di dapat dengan menyembah Allah Swt. tanpa menyekutukannya dan ini lah kelebihan yang Allah Swt berikan kepada manusia sebagai mahluk ciptaannya agar selalu mengingat dan menjalankan perintahnya. Sebuah wahyu Allah Swt. kitab suci al-Quran yang diturunkan dan di terima oleh Rosul Muahhamad Sallallahi wa alaihi wasalam  yang akan menuntun manusia ke jalan “Ihdinash Shirathal mustaqim:, hingga manusia akan kembali kepada-Nya di alam Akirat dengan keridhoaannya.
       Kelebihan-kelebihan yang Allah Swt berikan kepada manusia semua ini patut di syukuri, karna kelebihan yang dimiliki manusia ini akan dipertanggung jawabkan nanti di yaumil akhir, semoga kita termasuk orang-orang yang mensyukuri atas nikmat-nikmat Allah Swt. Aaminn. Wallahibisshaawab